"Hirarki clas clas untuk grafis"
Kelas kelas java dapat digolongkan 3 kelompok :
1. Kelas-kelas wadah (container classes) dapat digunakan sebagai wadah atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component classes) yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField, JComboBox, JListBox dan Jtable.
2. Kelas kelas pembantu (helper classes) Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper classes dapat digunakan untuk memformat tampilan kelas lainnya.
3. Kelas kelas komponen (component classes) Kelas Component merupakan kelas abstrak. Secara hirarki, kelas Component adalah turunan dari kelas Object. Kelas Object berada di puncak teratas dalam hirarki kelas di Java. Semua kelas, langsung maupun tidak langsung, merupakan turunan dari kelas Object.
Container classes dan helper classes penting untuk dipelajari karena berperan dalam membuat (mendesain) interfes grafis (GUI). Selain kelas-kelas tersebut, Anda juga seharusnya mengetahui hirarki turunan (inheritance hierarchy) beberapa kelas Java yang ada kaitannya dengan container classes dan helper classes. Dari hirarki turunan, selain dapat dilihat keterkaitan antara kelas yang satu dengan kelas lainnya, juga dapat dilihat metoda-metoda penting yang diwariskannya. Kelas Container, JFrame, JApplet dan JPanel termasuk dalam container classes, sedangkan kelas Color, LayoutManager, Font, Graphics dan Dimension termasuk dalam helper classes.Berikut ini adalah beberapa metoda penting dari kelas Component
Metoda kelas Component Metoda Keterangan setSize(int width, int height)
Mengatur kembali ukuran komponen sehingga mempunyai lebar width dan tinggi height.
setVisible(boolean b) Menampilkan atau menyembunyikan komponen tergantung dari nilai boolean b.
setFont(Font f) Mengatur jenis huruf dari komponen. getFont(Font f)
Mengembalikan jenis huruf dari komponen.
setForegound(Color c) Mengatur warna latar depan (foreground) dari komponen.
getForeground() Mengembalikan warna latar depan (foreground) dari komponen.
setBackground(Color c) Mengatur warna latar belakang (background) dari komponen.
getBackground() Mengembalikan warna latar belakang (background) dari komponen.
getWidth() Mengembalikan lebar komponen saat ini. getHeight()
Mengembalikan tinggi komponen saat ini.
setPreferedSize() Mengatur ukuran komponen yang diinginkan.
getPreferedSize(Dimention d)
Mengembalikan ukuran komponen yang diinginkan.
isVisible() Menunjukkan apakah komponen ini tampak.
setVisible(boolean b) Menampilkan atau meyembunyikan komponen.
setName(String name) Mengatur nama komponen ke string yang telah ditentukan
getName() Mengembalikan nama dari komponen.
Komputer dan Library Grafis 2D dan 3D
Objek Grafis 2d adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebarObjek grafik 2 dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2dimensi yang secara komputasi dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D ini. Objek Grafis 3D adalah dari benda yang memilimi panjang tinggi,lebar teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Grafis Komputer 2D
sebuah generasi gambar digiral berbasis komputer yang kebanyakan mengambil objek 2D objek ini merupakan kombinasi model geometri ,gambar digital fugsi matematika cara mudah membuat gambar 2 kelomplek yaitu mulai dengan "canuas" kosong yang diisi dengan warna "drow" "print" suatu warna kedalamnya kanvar tersebut merupakan "frame buffer“
Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Grafis Komputer 3D merupakan perkembangan dari 2D ini menggunakan copresentasi 3D mirip bentuk grafis yang menggunakan data geometris 3D.
Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer. Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
KONSEP 2D DAN 3D
1.membuat konsep ide cerita
2.Membuat storyboard
3.Mengambar karakter
4.mengambar latarbelakang dan objek lain
5.penawaran
6.proses animasi
7.pengisisan suara
9.konversi animasi flas
Animasi nya;
2D :filem kartun artinya gambar lucu
3D:karakter hidup & nyata.
Kelas kelas java dapat digolongkan 3 kelompok :
1. Kelas-kelas wadah (container classes) dapat digunakan sebagai wadah atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component classes) yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField, JComboBox, JListBox dan Jtable.
2. Kelas kelas pembantu (helper classes) Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper classes dapat digunakan untuk memformat tampilan kelas lainnya.
3. Kelas kelas komponen (component classes) Kelas Component merupakan kelas abstrak. Secara hirarki, kelas Component adalah turunan dari kelas Object. Kelas Object berada di puncak teratas dalam hirarki kelas di Java. Semua kelas, langsung maupun tidak langsung, merupakan turunan dari kelas Object.
Container classes dan helper classes penting untuk dipelajari karena berperan dalam membuat (mendesain) interfes grafis (GUI). Selain kelas-kelas tersebut, Anda juga seharusnya mengetahui hirarki turunan (inheritance hierarchy) beberapa kelas Java yang ada kaitannya dengan container classes dan helper classes. Dari hirarki turunan, selain dapat dilihat keterkaitan antara kelas yang satu dengan kelas lainnya, juga dapat dilihat metoda-metoda penting yang diwariskannya. Kelas Container, JFrame, JApplet dan JPanel termasuk dalam container classes, sedangkan kelas Color, LayoutManager, Font, Graphics dan Dimension termasuk dalam helper classes.Berikut ini adalah beberapa metoda penting dari kelas Component
Metoda kelas Component Metoda Keterangan setSize(int width, int height)
Mengatur kembali ukuran komponen sehingga mempunyai lebar width dan tinggi height.
setVisible(boolean b) Menampilkan atau menyembunyikan komponen tergantung dari nilai boolean b.
setFont(Font f) Mengatur jenis huruf dari komponen. getFont(Font f)
Mengembalikan jenis huruf dari komponen.
setForegound(Color c) Mengatur warna latar depan (foreground) dari komponen.
getForeground() Mengembalikan warna latar depan (foreground) dari komponen.
setBackground(Color c) Mengatur warna latar belakang (background) dari komponen.
getBackground() Mengembalikan warna latar belakang (background) dari komponen.
getWidth() Mengembalikan lebar komponen saat ini. getHeight()
Mengembalikan tinggi komponen saat ini.
setPreferedSize() Mengatur ukuran komponen yang diinginkan.
getPreferedSize(Dimention d)
Mengembalikan ukuran komponen yang diinginkan.
isVisible() Menunjukkan apakah komponen ini tampak.
setVisible(boolean b) Menampilkan atau meyembunyikan komponen.
setName(String name) Mengatur nama komponen ke string yang telah ditentukan
getName() Mengembalikan nama dari komponen.
Komputer dan Library Grafis 2D dan 3D
Objek Grafis 2d adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebarObjek grafik 2 dimensi didefinisikan sebagai kumpulan titik 2dimensi yang secara komputasi dinyatakan sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan kumpulan titik 2D ini. Objek Grafis 3D adalah dari benda yang memilimi panjang tinggi,lebar teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Grafis Komputer 2D
sebuah generasi gambar digiral berbasis komputer yang kebanyakan mengambil objek 2D objek ini merupakan kombinasi model geometri ,gambar digital fugsi matematika cara mudah membuat gambar 2 kelomplek yaitu mulai dengan "canuas" kosong yang diisi dengan warna "drow" "print" suatu warna kedalamnya kanvar tersebut merupakan "frame buffer“
Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Grafis Komputer 3D merupakan perkembangan dari 2D ini menggunakan copresentasi 3D mirip bentuk grafis yang menggunakan data geometris 3D.
Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer. Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
KONSEP 2D DAN 3D
1.membuat konsep ide cerita
2.Membuat storyboard
3.Mengambar karakter
4.mengambar latarbelakang dan objek lain
5.penawaran
6.proses animasi
7.pengisisan suara
9.konversi animasi flas
Animasi nya;
2D :filem kartun artinya gambar lucu
3D:karakter hidup & nyata.
Komentar
Posting Komentar